Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp

Daftar Isi :
4 Tahap Pembuatan Video Animasi

Hi, Fren! Kalian pasti udah pernah nonton video atau film animasi dong. Nah, pernah nggak sih kalian penasaran sama proses pembuatan video animasi? Kira-kira apa aja yang harus disiapkan dan dilakukan ya?

Ternyata untuk menghasilkan video animasi yang berkualitas ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Biar nggak penasaran, yuk langsung aja kita intip penjelasan terkait proses di balik layar pembuatan video animasi berikut ini!

Penulisan Naskah/Script

Pertama adalah menyusun skrip atau naskah video. Naskah berfungsi untuk menuangkan ide dan gagasanmu terkait konsep video yang akan dibuat. Keberadaan naskah sangat penting sebagai acuan merancang video animasi. Tanpa adanya naskah, video animasimu tidak akan tersusun dengan baik. Sebelum mulai menyusun naskah, pastikan kamu udah punya ide-ide yang akan digubah jadi sebuah narasi yang utuh. Jangan lupa catat ide-ide yang kamu punya supaya nggak lupa ya. 

Storyboard

Nah, naskah yang udah jadi tadi akan divisualisasikan ke dalam bentuk gambar di tahap ini. Penyusunan storyboard berfungsi untuk mendeskripsikan alur cerita pada setiap scene-nya. Orang yang bertugas menyusun storyboard disebut dengan storyboard artist. Storyboard artist akan memberikan berbagai elemen desain seperti karakter, warna, atau juga menambahkan suggestions dan catatan gerakan animasi kepada animator.

Take Voice-Over/Dubbing

Voice-Over (VO) adalah teknik pengambilan atau produksi suara untuk menjelaskan informasi secara lisan untuk kemudian dipadukan dalam video animasi. Di tahap ini VO-talent akan melakukan rekaman suara sesuai dengan narasi script. Pada video animasi, pengisi suara/VO-talent dibutuhkan agar pesan dan informasi dari video dapat dipahami penonton lebih mudah.

Animasi

Terakhir, adalah tahap animasi, yakni tahap untuk menggerakkan semua gambar atau elemen grafis yang telah disusun pada storyboard. Pada tahap ini animator bertugas untuk menggerakkan gambar dan memadukan semua unsur dari tiga tahap sebelumnya tadi, Fren. Ngga cuma itu, animator juga bertugas buat mengatur transisi gambar, komposisi musik latar, serta memberi sentuhan akhir pada video. 

Meskipun terlihat simpel, namun nyatanya bikin animasi nggak semudah yang dibayangkan lho. Apalagi kalau dikerjain sendiri dari tahap pertama sampai akhir. Pasti ribet dan membutuhkan waktu lumayan lama. Nah, lain ceritanya kalau dikerjakan bersama tim, prosesnya tentu akan jadi lebih cepat dan mudah.

Kaya di Zeusanimation! Di sini kami memiliki tim profesional dan kreatif untuk menjawab kebutuhan video motion graphic dan animasimu. Hasil dan kualitasnya nggak diragukan lagi deh! Tertarik untuk buat video sekarang? Cari tahu lebih lanjut tentang layanan kami di sini.

Zeusanimation membuka lowongan magang untuk SMK/Sederajat dan perguruan tinggi. Minimal 4 Bulan 
Selengkapnya disini

More Post