Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp

Daftar Isi :
Rahasia Bikin Konten Video Menarik

Di jaman serba digital kaya sekarang, konten dalam bentuk video semakin banyak kita jumpai di berbagai platform media sosial. Apalagi sejak makin populernya tren promosi dengan video marketing, banyak orang berlomba-lomba membuat video sekreatif mungkin untuk memasarkan produk dan bisnisnya. Biasanya konten yang bagus dan menarik akan membuat penonton tertarik untuk menonton bahkan teringat terus dengan video tersebut lho. Makanya penting banget buat pilih bahan konten yang tepat untuk videomu. Apalagi kalau mau dipakai buat promosi, jangan sampai salah strategi. Nah, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan supaya konten videomu jauh lebih menarik, Fren. Apa aja? Simak penjelasan berikut ya!

1. Tentukan Jenis Video

Sebelum membuat konsep, tentukan dulu jenis video yang akan kamu gunakan. Apakah kamu akan menggunakan video real footage atau animasi. Kedua jenis tersebut punya banyak bentuk yang bisa kamu pilih lagi. Misal bentuk video real footage berupa video wawancara, monolog, storytelling, dan sebagainya. Atau bentuk video animasi berupa animasi 2D, 3D, whiteboard, dan sebagainya. Pemilihan jenis video juga berpengaruh terhadap konsep yang akan kamu buat secara keseluruhan.

2. Riset Informasi dan Bahan Konten

Setelah menentukan jenis video yang diinginkan, selanjutnya adalah mulai riset bahan dan informasi untuk konten video. Kalau videonya berupa iklan, pastikan kamu juga udah tahu siapa target market yang kamu tuju. Dengan begitu kamu akan tahu hal atau topik apa saja yang relate dan relevan dengan calon konsumen. Semakin relate kontenmu dengan masalah mereka, mereka pun makin tertarik buat nonton dan cari tahu soal videomu yang lain.

3. Susun Skrip yang Menarik

Sebelum mulai proses produksi, langkah yang ngga kalah penting yaitu menyusun naskah cerita atau skrip. Selain berfungsi untuk menuangkan ide-ide kreatif terkait dengan konsep video yang kamu buat, naskah skrip juga berperan penting sebagai pedoman kamu dalam membuat video. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya skripmu lebih menarik. Skrip yang baik adalah skrip yang mampu membuat penonton paham dengan informasi yang disampaikan. Ngga perlu bikin panjang-panjang, Fren, cukup buat naskah yang ringkas, jelas, informatif, dan juga persuasif. Perhatikan juga penggunaan diksi atau pilihan kata dalam menyusun skrip supaya video iklanmu makin sip!

4. Durasi Pendek

Kalau mau buat video iklan, hindari bikin video dengan durasi terlalu panjang. Cukup 20 detik sampai 1 menit, atau maksimal 2 menit aja supaya penonton ngga cepet bosan. Kecuali kalau kamu punya konsep video tertentu yang mengharuskan bikin video iklan berdurasi lama. Nah, biasanya video iklan berdurasi pendek banyak ditemui pada jenis video motion graphic dan animasi. Sebab, iklan dalam bentuk motion graphic mampu merangkum serta menyajikan informasi kompleks menjadi lebih padat dalam durasi singkat.

5. Soft Selling

Salah satu rahasia bikin konten video menarik berikutnya yaitu menerapkan metode soft selling yakni teknik marketing menggunakan pendekatan halus, baik dari storyline video maupun kata-kata yang digunakan. Jadi kesannya kaya ngga kelihatan kalau lagi jualan atau promosi. Ini semacam strategi “mengelabui” penonton supaya mereka nggak langsung notice kalau lagi nonton iklan. Metode soft selling dinilai lebih efektif untuk menggaet minat dan rasa penasaran penonton lho. Apalagi kalau videonya dikemas sekreatif mungkin. Jadi, udah bukan jamannya lagi bikin iklan yang fokusnya cuma soal produk yang dijual.

6. Riset Kata Kunci

Kata kunci jadi salah satu aspek penting yang bisa bantu maksimalin online marketing, Fren. Sebelum mengunggah dan membagikan videomu di berbagai platform media sosial, coba lakukan riset untuk menentukan kata kunci apa aja yang tepat dan relevan dengan kontenmu. Riset diperlukan untuk menentukan kata kunci yang potensial serta mengetahui topik apa saja yang sedang tren dan banyak dicari di internet. Hal ini penting supaya video yang kamu share bisa dijangkau oleh penonton.

Setelah konten videomu jadi, jangan lupa bagikan di berbagai platform media online supaya peluang meningkatkan trafik penjualanmu juga makin besar. Pengen bikin video iklan tanpa mau ribet dengan segala bahan dan persiapannya? serahin aja sama jasa pembuatan video profesional, Fren! Kaya di Zeusanimation!

Sst.. kepoin info lengkapnya di sini yaa!

Zeusanimation membuka lowongan magang untuk SMK/Sederajat dan perguruan tinggi. Minimal 4 Bulan 
Selengkapnya disini

More Post