Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp

Daftar Isi :
Tren Digital Marketing Tahun 2022

Dari waktu ke waktu strategi digital marketing terus mengalami perkembangan seiring dengan semakin tingginya pengguna internet dan media sosial. Tren digital marketing pun mengalami perubahan tiap tahunnya. Oleh sebab itu, sangat penting bagi pelaku bisnis dan usaha untuk mencari tahu tren pemasaran apa yang sesuai dan efektif meningkatkan penjualan serta menjangkau konsumen lebih luas. Dengan begitu kamu bisa merencanakan metode marketing apa yang tepat untuk mendongkrak bisnismu.

Berikut Zeusanimation merangkum beberapa metode digital marketing yang diprediksi menjadi tren di tahun 2022.

1. Video Marketing

Konten video menjadi strategi digital marketing yang terus mendominasi dan menjadi tren hingga saat ini. Video marketing banyak digemari karena lebih efektif menjangkau pengguna di berbagai platform media sosial. Selain itu konten video dapat memberi penjelasan secara lebih detail dibanding foto atau gambar. Konten video yang dikemas dengan unik dan kreatif tentu akan menarik atensi penonton untuk melihatnya.

Ada dua bentuk video yang bisa kamu pilih untuk kampanye bisnis, yaitu video real footage dan video motion graphic. Kedua jenis video tentu memiliki keunggulan masing-masing. Namun jika kamu menginginkan konten video iklan yang simpel, efisien, dan menarik, jenis video motion graphic atau animasi bisa jadi pilihan tepat untuk video marketingmu. Alasan lengkapnya bisa kamu baca di sini, Fren!

2. Chatbot

Chatbot merupakan teknologi yang memanfaatkan artifficial intelligent untuk memudahkan pengguna dalam merespon chat atau pertanyaan customer/pelanggan sementara waktu. Dengan begitu, kamu tidak perlu bingung ketika ada pesan masuk saat sedang sibuk, karena chatbot akan membantumu menanggapi chat pelanggan selama 24 jam nonstop. Meski demikian, fungsi chatbots tetap tidak bisa menggantikan peran manusia untuk berinteraksi lebih intens dengan customer. Sebab, chatbot hanya akan membalas pesan dengan keyword (kata kunci) tertentu yang sesuai dengan pengaturannya.

3. Influencer Endorsement

Beberapa tahun belakangan, tren mengiklankan produk menggunakan jasa influencer di sosial media kian menjamur. Tak jarang beberapa produk menjadi viral karena diiklankan oleh influencer terkenal. Maka tak heran jika strategi marketing dengan endorsement influencer seperti selebgram masih eksis hingga saat ini.

Semakin banyak jumlah pengikut seorang influencer di media sosial, maka makin besar pula peluang produkmu dikenal oleh banyak orang. Namun tentu saja dibutuhkan biaya yang tak sedikit untuk menggunakan jasa endorse influencer.

4. Live Streaming

Live streaming merupakan salah satu teknik digital marketing yang tidak hanya berfungsi mengenalkan dan menjelaskan informasi produk melainkan juga membuat suatu brand lebih terhubung dengan audiens. Fitur live streaming akan membantumu lebih memahami kebutuhan pelanggan. Selain itu kamu bisa memberikan feedback langsung dari audiens di media sosial.

Dilansir dari Livestream, sebanyak 80% pengguna lebih menyukai tayangan video secara langsung daripada membaca artikel teks maupun blog. Jadi, pastikan kamu menyiapkan konten video live streaming yang bagus dan menarik untuk sesi Q&A (tanya jawab) bersama penonton agar mereka merasa antusias dan jadi pelanggan setia brand-mu.

5. Podcast

Podcast sebagai sarana marketing termasuk inovasi baru dalam dunia digital marketing. Penggunaan podcast untuk digital marketing tak terlepas dari popularitas podcast yang kian diminati sebagai sarana hiburan. Dilansir dari business.com, konten audio podcast dapat membuat para pendengar merasa lebih akrab serta dan menghadirkan pengalaman yang berbeda dari jenis iklan lainnya.

So, kamu bisa coba mengiklankan produkmu melalui media yang sedang naik daun ini. Supaya hasilnya maksimal, pastikan kamu memilih podcast dengan niche yang sesuai dengan brand-mu.

6. Mobile First Marketing

Dewasa ini pengguna smartphone semakin banyak dan akan terus meningkat setiap tahunnya. Sebagian besar traffic di internet berasal dari pengguna smartphone. Hal itu berarti smartphone lebih banyak digunakan untuk mengakses internet dibandingkan jenis gadget lainnya.

Nah, karena tingginya pengguna smartphone, maka penting bagi para digital marketer untuk memastikan desain website bisnis online-nya nyaman untuk para pengguna smartphone. Website yang mobile-friendly akan lebih diminati dan meningkatkan banyak pengunjung.

Zeusanimation membuka lowongan magang untuk SMK/Sederajat dan perguruan tinggi. Minimal 4 Bulan 
Selengkapnya disini

More Post