Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp

Daftar Isi :
Apa Itu Profesi Voice Over Talent?

Istilah voice over mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian orang. Voice over diartikan sebagai teknik produksi atau rekaman suara untuk penggunaan di luar layar. Maksudnya gimana tuh? Jadi gini.. kalian pasti pernah dong nonton tayangan tv, video iklan, atau siaran berita di mana ada suara latar yang menjelaskan informasi selama video ditampilkan, tapi nggak keliatan mana orang yang lagi bicara. Nah, suara yang kalian dengar itulah yang disebut dengan voice over.

Di Indonesia, pekerjaan ini dikenal dengan sebutan pengisi suara. Saat ini profesi sebagai voice over talent atau pengisi suara banyak dibutuhkan berbagai industri, seperti produksi film, animasi, periklanan, hingga jurnalistik. Voice over yang digunakan untuk mengisi dialog film atau karakter tokoh kartun disebut dengan dubbing. Meskipun sama-sama mengisi suara, namun terdapat perbedaan antara voice over dan dubbing. Next time kita bahas ya, kali ini kita fokus sama voice over dulu, Fren.

Oke, tadi kita udah tahu apa itu pengertian dari voice over. Sekarang kita ulik apa aja sih tugas dan skill yang diperlukan untuk jadi voice over talent.

Tugas Voice Over

1. Membaca Naskah

Membacakan naskah atau script untuk konten video atau audio merupakan tugas utama seorang VO-talent. VO-talent akan membacakan script dengan suara keras untuk direkam. Isi rekaman tersebut bertujuan untuk menjelaskan informasi tambahan yang melengkapi tayangan visual pada video. Tak hanya membaca biasa, seorang VO-talent harus mampu membaca dengan teknik, pelafalan dan emosi yang tepat agar isi dari naskah yang dibaca tersampaikan pada penonton.

2. Menyampaikan Pesan

Saat membacakan naskah atau script, seorang VO-talent juga dituntut untuk menyampaikan pesan dalam script kepada penonton. Pesan tersebut disampaikan melalui cara dan nada pembacaan naskah sesuai dengan tujuan project pengisian latar suara. Misalnya, untuk menyampaikan pesan promosi produk atau iklan, maka dibutuhkan kesan suara yang menjelaskan informasi produk serta mengajak penonton untuk memilih produk yang ditawarkan.

3. Menyusun dan Menciptakan Karakter Suara

Untuk menjadi seorang VO-talent dibutuhkan kemampuan mengatur serta menciptakan karakter suara. Beberapa aspek penting yang wajib dikuasai oleh VO-talent yaitu, dapat membaca atau mengucap kalimat dengan pelafalan yang jelas, mengatur intonasi, penekanan dan tempo suara dengan tepat, serta mahir menciptakan berbagai karakter suara sesuai dengan permintaan project voice over. Meski demikian, VO-talent berhak menentukan warna dan ciri khas suaranya sendiri untuk kemudian dijadikan sampel VO yang ditawarkan kepada klien.

Gimana, apakah kamu tertarik untuk menekuni profesi sebagai VO-talent? atau saat ini kamu butuh jasa VO-talent profesional untuk mengisi suara di konten video atau audiomu?

Tenang.. kamu bisa pesan jasa VO-talent profesional juga lho di Zeusanimation. Kami menyediakan lebih dari dua puluh sampel voice over dari berbagai negara. Mau yang lokal bisa, yang internasional juga bisa banget! Nggak cuma VO bahasa indonesia atau bahasa inggris aja, Fren.. Kamu bisa pesan VO berbahasa asing lainnya, kaya bahasa mandarin, bahasa jerman, bahasa perancis, dan masih banyak lagi. Yuk, cari tahu selengkapnya di siniii!

Zeusanimation membuka lowongan magang untuk SMK/Sederajat dan perguruan tinggi. Minimal 4 Bulan 
Selengkapnya disini

More Post