Notice: Undefined index: options in /home/zeusanim/public_html/wp-content/plugins/elementor-pro/modules/theme-builder/widgets/site-logo.php on line 192

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Daftar Isi :
Sedang Belajar Desain? Ini 5 Prinsip Dasar Desain Grafis yang Perlu Kamu Tahu

Hi, Fren!

Dalam membuat desain grafis, terdapat beberapa prinsip yang harus dipertimbangkan agar desain yang kamu buat memiliki tampilan bagus dan proporsional lho, Fren. Jadi, meskipun kamu jago bikin desain atau gambar, jangan lupa untuk memperhatikan prinsip-prinsip dasar desain grafis berikut ya.

1. Kesatuan (Unity)

Kesatuan dalam prinsip desain grafis diartikan sebagai konsistensi, keutuhan, atau ketunggalan yang merupakan pokok dari komposisi. Prinsip kesatuan juga dikaitkan sebagai prinsip hubungan, yaitu apabila salah satu atau beberapa unsur/elemen memiliki hubungan berupa warna, bentuk, arah, dan lainnya, maka desain tersebut telah memenuhi prinsip kesatuan.

2. Keseimbangan (Balance)

Prinsip kedua yang harus diperhatikan saat membuat desain adalah, keseimbangan, di mana komponen-komponen desain memiliki tampilan yang seimbang. Jadi, kami perlu memadukan keseimbangan antara warna, tulisan, maupun gambar supaya desain tidak terlihat berat sebelah. Terdapat dua pendekatan dalam prinsip keseimbangan, yaitu keseimbangan simetris dan keseimbangan asimetris. Keseimbangan simetris merupakan susunan dari elemen agar merata dari kanan ke kiri dari pusat. Sedangkan keseimbangan asimetris merupakan pengaturan yang berbeda dengan berat benda yang sama di satu halaman.

3. Ritme (Rhythm)

Ritme adalah pembuatan desain grafis dengan prinsip menyatukan irama. Ritme dapat juga diartikan sebagai pengulangan atau variasi komponen-komponen desain grafis.

4. Penekanan (Emphasis)

Dalam desain, terdapat bentuk-bentuk yang lebih ditonjolkan dibandingkan yang lain atau dalam kata lain emphasis adalah penekanan pada elemen yang menjadi pusat perhatian. Hal ini bertujuan supaya pandangan penonton langsung terarah pada gambar atau elemen tersebut. Sehingga pesan utama dari desain yang dibuat dapat tersampaikan pada penonton.

5. Proporsi (Proportion)

Proporsi merupakan hubungan perbandingan antara bagian dengan bagian lain atau bagian dengan elemen keseluruhan. Proporsi adalah perbandingan matematis dalam sebuah bidang. Dalam bidang desain, semua unsur berperan menentukan proporsi, seperti hadirnya warna cerah yang diletakkan pada bidang/ruang sempit.

Nah, itu dia beberapa prinsip dasar desain yang wajib kamu ketahui saat sedang belajar desain grafis, Fren. Jika kamu sudah memahami 5 prinsip dasar ini dengan baik, dijamin desain buatanmu pun makin keren deh!

Pengen skill desainmu bertambah dan jadi expert? kamu bisa ikuti program magang dari Zeusanimation, Fren. Bisa tambah ilmu, tambah pengalaman, dan tambah teman juga. Fasilitas lengkap, gratis lagi! Yuk, langsung daftar aja di sini!

Zeusanimation membuka lowongan magang untuk SMK/Sederajat dan perguruan tinggi. Minimal 4 Bulan 
Selengkapnya disini

More Post